Penyakit Hepatitis, Mengenal Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya

  2.488 views
  0 comment
Penyakit Hepatitis, Mengenal Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Nama penyakit hepatitis berasal dari bahasa Yunani kuno hepar yang berarti liver dan itis yang merupakan bahasa latin yang berarti peradangan, sehingga bisa diartikan bahwa hepatitis adalah penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada sel-sel liver. Liver adalah organ terbesar yang terdapat dalam tubuh manusia dan memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses metabolisme tubuh yaitu sebagai filter atau penyaring terhadap berbagai bahan berbahaya, penyimpan vitamin, berperan penting dalam pembentukan kolesterol, memproduksi urea, mengubah glukose menjadi glukogen serta berbagai fungsi penting lainnya.

Penyakit Hepatitis itu sendiri terbagi menjadi beberapa tipe yang disebabkan oleh virus yang berbeda pula, yaitu:

Hepatitis A, yang disebabkan oleh HAV atau Hepatitis A Virus. Mereka yang menderita penyakit ini bisa terinfeksi karena mengkonsumsi makanan atau minum minuman yang sudah terinfeksi  virus HAV.

  • Hepatitis B, disebabkan oleh HBV atau Hepatitis B Virus. Penyakit ini menyebar akibat kontak langsung dengan darah, sperma dan cairan tubuh lain dari mereka yang sudah menderita penyakit ini.
  • Hepatitis C, disebabkan oleh HCV atau Hepatitis C Virus. Penyakit ini menyebar akibat kontak langsung dengan darah dari penderita.
  • Hepatitis D, disebabkan oleh HDV atau Hepatitis D Virus. Hanya mereka yang sudah menderita Hepatitis B yang bisa terinfeksi oleh virus ini. Penyakit ini menyebar melalui metode yang sama dengan penyakit Hepatitis B
  • Hepatitis E, disebabkan oleh HEV atau Hepatitis E Virus dan seseorang bisa terinfeksi bila mengkonsumsi air yang sudah terinfeksi virus ini.
  • Selain itu ada juga yang disebut dengan Hepatitis X dimana virus penyebabnya tidak diketahui dan juga Hepatitis G yang disebabkan oleh HGV serta tidak menunjukkan adanya gejala sama sekali.

Gejala dan Pengobatan Penyakit Hepatitis

Ada beberapa gejala yang bisa dikenali sebagai pertanda seseorang itu mengidap hepatitis atau tidak. Diagnosis itu sendiri haruslah ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan dan uji lab. Beberapa gejala penyakit Hepatitis yang bisa dikenali adalah munculnya flu ringan, diare, kehilangan nafsu makan yang disertai dengan penurunan berat badan, mual dan saat sudah semakin parah bisa juga muncul gejala lain  seperti kulit yang menguning dan warna urine yang gelap.

Khusus untuk pengobatannya sendiri akan berbeda-beda tergantung dari jenis Hepatitis itu sendiri. Pengobatan yang umum diberikan berupa obat anti virus seperti Interferon dan Ribavirin, serta istirahat yang cukup untuk membantu proses penyembuhan sel liver yang rusak.

Selain itu ada juga metode pengobatan tradisional yang menggunakan esktrak gamat atau sea cucumber. Ekstrak gamat dipercaya mampu untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada liver serta mempercepat proses penyembuhan liver sehingga penyakit hepatitis yang ada akan bisa disembuhkan. Metode ini menjadi semakin populer karena terbukti cukup efektif bukan hanya untuk mengatasi penyakit hepatitis namun juga untuk mengobati berbagai penyakit lainnya serta menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Comment
Saat ini belum ada data komentar.
Post Comment
*) field is required.