Lupus (SLE)

  3.268 views
  0 comment
Lupus (SLE)

Lupus merupakan suatu kondisi saat seseorang merasakan alergi terhadap dirinya sendiri. Seorang dikatan lupus atau SLE (Systemic Lupus Erythematous) apabila dirinya memang benar-benar merasa tidak nyaman dengan tubuhnya sendiri. Ini disebabkan karena adanya butterfly rash atau timbulnya bercak-bercak merah pada bagian wajah. Orang yang menderita lupus biasanya akan mengalami gangguan pada kulit dan juga sistem kekebalan tubuh. Penderita lupus biasanya akan merasakan tubuhnya berontak karena sistem dalam tubuhnya tidak saling mendukung satu sama lain. Penyakit yang juga disebut SLE/Lupus Erythematosus ini juga dapat menyebabkan penderita memiliki bercak-bercak di pipi yang berwarna putih. Ini menandakan bahwa si penedrita sudah benar-benar memiliki kondisi lupus.

SLE/Lupus atau Systemic Lupus Erythematous merupakan suatu kondisi saat seseorang memiliki sistem internal tubuh yang terganggu secara keseluruhan. Seseorang yang mengalami penyakit ini akan merasa kurang nyaman dalam beraktivitas dan cenderung lemah. Selain itu, konsdisi fisik yang tidak maksimal akan membuat penyakit ini lebih buruk lagi. Ini karena sistem pertahanan tubuh yang juga akan membutuhkan energi akan lebih banyak bekerja untuk mempertahankan diri sendiri dari sistem internal yang lain. Jika sudah demikian, tubuh si penderita tidak akan bisa berfungsi secara maksimal dan akan menyebabkan gangguan yang serius pada alat-alat vital manusia.

Dalam ilmu kekebalan tubuh di bidang kedokteran. SLE/Lupus disebut-sebut sebagai kebalikan dari kanker atau HIV/AIDS. Jika pada kanker atau HIV sistem kekebalan tubuh akan kalah dan cenderung tidak mampu melindungi tubuh dari serangan virus, Lupus merupakan kebalikannya. Sistem kekebalan tubih menjadi over reacting terhadap segala bentuk ancaman yang terjadi dalam tubuh. Ini menyebabkan berbagai kondisi dimana sistem kekebalan tubuh akan melancarkan serangan pada susatu apa pun yang dianggap asing. Jika sudah demikian, sistem kekebalan tubuh akan memperoduksi terlalu banyak sistem anti bodi atau sejenis protein yang yang ditujukan untuk menyerang jaringan tubuh sendiri. Dengan kata lain, lupus juga disebut sebagai penyakit yang mengeluarkan aktivitas kekebalan tubuh yang berlebihan.

Hal-hal yang bisa dilakukan agar tidak terkena SLE/Lupus diantarannya dengan menghindari stress, tidak terkena sinar matahari langsung, menjaga beban kerja agar tidak terlalu berlebihan, serta mengurangi konsumsi obat tertentu yang belum tentu aman.

Comment
Saat ini belum ada data komentar.
Post Comment
*) field is required.