Mari Ketahui Lebih Jauh Tentang Hepatitis A

  1.866 views
  0 comment
Mari Ketahui Lebih Jauh Tentang Hepatitis A

Mungkin sebagian dari anda sudah cukup familiar dengan penyakit yang menyerang hati. Beberapa orang mengenal penyakit kuning yang pada dasarnya disebabkan karena masalah yang terjadi pada organ hati. Sebenarnya, penyakit yang menyerang organ hati itu ada beberapa macam. Salah satunya adalah Hepatitis A. Penyakit ini disebabkan karena virus Hepatitis A yang menyerang hati dan menyebabkan organ hati menjadi iritasi dan bengkak (terkena inflamasi).

Orang yang sudah terinfeksi virus Hepatitis A tidak serta merta akan menunjukkan gejala-gejala penyakit ini. Inilah yang menyebabkan penyakit ini cukup merepotkan untuk ditangani. Kalaupun gejalanya muncul, orang-orang hanya beranggapan bahwa gejala tersebut hanya merupakan gejala ringan saja yang tidak mengarah ke penyakit hati ini. Adapun gejala penyakit ini adalah sebagai berikut. Umumnya penderita penyakit ini awalnya akan merasa mual dan cukup sering muntah-muntah. Penderita juga akan merasa mudah lelah. Demam ringan juga biasanya menjadi gejala penyakit ini.

Perlu anda ketahui, gejala-gejala ringan semacam ini biasanya akan timbul selama 2 sampai 6 minggu. Dan akan berlangsung selama beberapa bulan khususnya bagi penderita Hepatitis A yang sudah dewasa. Jika sudah cukup lama, gejala akan menjadi semakin parah yang meliputi urin yang lebih berwarna pekat dan juga kulit yang berubah warna menjadi kekuning-kuningan. Memang akan sangat bagus jika anda segera memeriksakan diri anda ketika gejala-gejala ringan mulai muncul dan tidak menunggu sampai kulit anda berwarna kuning untuk mendapatkan penanganan medis.

Lalu bagaimana pencegahan penyakit ini? Untuk mengetahui hal tersebut, anda harus tahu beberapa penyebab penularan penyakit ini. Yang pertama, anda bisa jadi tertular penyakit Hepatitis A dan kemungkinannya cukup tinggi jika anda tinggal seatap dengan penderita penyakit ini. Anda juga bisa tertular jika berhubungan seksual dengan penderita. Penggunaan jarum suntik bekas penderita hepatitis A juga bisa menjadi media penularan. Secara tidak sengaja anda memasukkan sesuatu seperti makanan atau menggunakan benda-benda yang bekas dipakai penderita Hepatitis A yang mana pada benda-benda atau makanan tersebut terdapat cairan seperti liur, darah, atau cairan yang lain yang berasal dari tubuh penderita. Dengan menghindari hal-hal tersebut, anda juga akan dapat menghindari penularan penyakit ini.

Comment
Saat ini belum ada data komentar.
Post Comment
*) field is required.