Pengenalan Penyakit Sinusitis

  1.642 views
  0 comment
Pengenalan Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada sinus paranasal. Peradangan yang terjadi dapat disebabkan oleh reaksi alergi, infeksi, atau kondisi autoimun tubuh. Dalam keadaan normal, sinus berisi udara. Jika didalam sinus berisi cairan yang menyumbat sinus, bakteri dan jamur dapat berkembang dalam sibus sehingga menyebabkan infeksi dan berkembang menjadi peradangan dan jaringannya membengkak.

Berdasarkan durasi, sinusistis dapat dikategorikan menjadi lima jenis:

  • Sinusitis akut yaitu gejala sinusitis seperti pilek, hidung tersumbat, dan rasa nyeri pada wajah yang terjadi secar mendadak dalam waktu yang tidak terlalu lama sekitar kurang dari empat minggu.
  • Sinusitis akut berulang yaitu terjadi serangan sinusitis akut yang terjadi berulang dalam satu tahun, biasanya empat kali serangan atau lebih.
  • Sinusitis sub-akut yaitu keadaan infeksi yang gejalanya terjadi selama sekitar empat minggu sampai dua belas minggu yang merupakan keadaan diantara kondisi akut dengan kronis.
  • Sinusitis kronis adalah sinusitis yang terjadi dalam durasi yang cukup lama lebih dari dua belas minggu.
  • Ada juga jenis akserbasi akut sinusitis kronis yaitu kondisi sinusitis kronis yang disertai dengan gejala mendadak yang lebih parah.

Oleh karena dalam rongga hidung terdapat empat jenis sinus, maka penyakit sinusitis juga dapat digolongkan berdasarkan lokasi terjadinya sinusitis yaitu sinusitis maksilaris yang menyebabkan rasa sakit pada pipi, sinusistis frontal yang menyebabkan rasa nyeri pada daerah diatas mata, sinusitis etmoidalis yang menyebabkan nyeri disekitar mata, dan sinusitis sfenoidalis yang menyebabkan nyeri dibelakang mata yang biasa diartikan sebagai nyeri di kepala bagian atas.
Penyakait sinusitis yang tidak dirawat dapat berkembang menjadi infeksi yang parah dan bahkan dapat menyebar ke otak dan menyebabkan kematian.Perawatan terhadap penyakit sinusitis tergantung dari penyebabnya. Sinusistis yang disebabkan oleh virus biasanya tidak diperlukan perawatan khusus karena akan sembuh dengan sendirinya. Untuk infeksi akibat bakteri, dapat dilakukan perawatan dengan antibiotik.

Comment
Saat ini belum ada data komentar.
Post Comment
*) field is required.