Penyakit Mioma Pada Wanita

  1.801 views
  0 comment
Penyakit Mioma pada Wanita

Ada beberapa jenis penyakit yang hanya bisa ditemukan pada wanita dan salah satu diantaranya adalah penyakit mioma. Mioma itu sendiri adalah termasuk jenis tumor yang merupakan daging bertumbuh pada daerah uterus. Mioma dapat tumbuh dalam berbagai jenis dan ukuran dimana sampai saat ini telah ditemukan bahwa ukuran terkecil untuk mioma adalah 1 mm sedangkan ukuran terbesar yang pernah ditemukan adalah yang berdiameter 20 cm. Kebanyakan mioma tumbuh dengan lambat dan sebagian besar dari mereka tidak menimbulkan gejala apapun dan tidak perlu diobati.

Hanya ada 25% dari penderita mioma yang menderita gejala-gejala tertentu dan untuk kasus seperti ini diperlukan pengobatan medis sesegera mungkin. Beberapa gejala yang bisa timbul dan dirasakan adalah panjangnya masa menstruasi dibandingkan waktu normal, rasa sakit di daerah pelvis, konstipasi, atau sering buang air kecil.

Kunjungan ke doketer harus segera dilakukan bila rasa sakit didaerah pelvis tidak berhenti, saat terjadi pendarahan diluar waktu menstruasi atau rasa sakit saat berhubungan seks. Penyakit ini sendir hanya dapat ditemukan pada wanita dalam masa reproduksi. Penyebab dari mioma itu sendiri belum dapat dipastikan namun hormone estrogen memiliki peranan yang sangat penting dalam perumbuhan mioma. Mioma ini sendiri tidak akan berkembang saat tubuh belum memproduksi hormon estrogen dan saat mencapai masa menopause, mioma itu sendiri akan berhenti berkembang bahkan cenderung menyusut ukurannya.

Comment
Saat ini belum ada data komentar.
Post Comment
*) field is required.