Rematik Adalah Penyakit Orang Tua. Benarkah Itu?

  2.528 views
  0 comment
Rematik Adalah Penyakit Orang Tua. Benarkah Itu?

Banyak sekali orang yang mengeluh merasakan nyeri saat menggerakkan bagian tertentu dari badan. Kadang rasa nyeri ini hilang namun muncul lagi dan intesitasnya bisa berbeda-beda tiap kumat. Jika anda mengalami hal tersebut, bisa jadi anda sudah mengidap sebuah penyakit yang bernama rematik. Nama penyakit ini sudah sangat familiar dan sering dihubungkan dengan orang-orang yang lanjut usia. Namun, salah kaprah jika penyakit ini hanya akan diderita oleh orang-orang yang sudah tua karena pada kenyataannya banyak orang yang masih muda dan sudah mengeluh bahwa mereka menderita rematik. Sebenarnya apa sih rematik itu?

Rematik adalah sebuah penyakit yang menyerang hubungan antar tulang dan persendian. Umumnya disebabkan oleh masalah sistem kekebalan tubuh. Karena terjadi suatu anomali, sistem kekebalan tubuh yang harusnya membantu tubuh untuk menjadi lebih sehat atau paling tidak tetap sehat malah berbalik menyerang tubuh itu sendiri. Salah satu yang diserang adalah anggota gerak dan persendian. Tulang rawan yang terletak di sekitar persendian menjadi menipis. Akibatnya, tulang baru diberi ruang untuk tumbuh. Ketika anggota gerak yang menuntut kinerja sendi itu digerakkan, gesekan yang terjadi dengan tulang baru yang tumbuh itulah yang menyebabkan nyeri. Inilah masa ketika anda merasakan sakit semacam ngilu atau linu saat bergerak dan inilah yang disebut dengan rematik.

Untuk penyebabnya, ada beberapa hal yang dipercaya sebagai penyebab dari penyakit rematik ini. Salah satunya adalah pengeroposan atau pengapuran tulang yang biasanya dialami oleh orang-orang yang sudah cukup berumur. Inilah asal mula mitos kenapa penyakit rematik sering dihubungkan dengan orang tua. Pola makan juga bisa menjadi penyebabnya. Ada beberapa makanan yang akan membuat tulang kita menjadi lebih rentan dan rapuh. Makanya penderita rematik disarankan untuk menjaga pola makannya.

Ada beberapa mitos juga yang berhubungan dengan rematik ini. Salah satunya adalah mitos yang menyebutkan bahwa mandi pada saat malam akan menyebabkan penyakit ini. Pada kenyataannya, tidak ada hubungannya sama sekali. Akan sangat baik jika anda selalu menjaga kesehatan anda untuk menghindari penyakit ini. Hiduplah dengan sehat, banyak olahraga, dan aturlah pola makan anda.

Comment
Saat ini belum ada data komentar.
Post Comment
*) field is required.