Tulang Lunak (Rakitis)

  4.089 views
  0 comment
Tulang Lunak (Rakitis)

Tulang lunak atau rakitris merupakan suatu kondisi pelunakan tulang yang biasanya terjadi pada anak-anak. Kondisi ini disebabkan karena kekurangan vitamin D atau terjadinya gangguan pada metabolisme dalam tubuh si anak. Selain itu, penyakit ini juga bisa muncul karena kekurangan zat-zat penting dalam tubuh seperti magnesium, fosfor, dan kalsium. Anak yang menderita penyakit ini akan memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena patah tulang atau pun kelainan bentuk pada pertumbuhan tulang. Meskipun hanya karena kecelakaan kecil, anak yang terkenal penyakit ini lebih besar resikonya untuk patah tulang. Hal ini karena pelunakan yang terjadi pada tulang menyebabkan kekuatan tulang untuk bertahan dari benturan menjadi lemah. Ini dapat menyebabkan berbagai kelainan lain yang juga akan berpengaruh pada bentuk tubuh dan pertumbuhan badan.

Rakitis atau tulang lunak memiliki gejal khusus yang biasanya dapat dikenali pada anak-anak antara usia 1 hingga lima tahun. Pertama, anak anda akan mengalami nyeri pada tulang. Ini menandakan bahwa tulang sedang mengalami kelembutan. Selain itu, masalah pada gigi juga dapat menjadi pertanda adanya penyakit tulang lunak. Masalah pada otot, seperti kelemahan otot, sindrom bayi yang floopy juga merupakan pertanda anak akan dapat beresiko terkena penyakit ini. Selain itu, bayi anda akan lebih banyak memiliki kecenderungan untuk mengalami patah tulang dengan mudah. Jika Anda menemukan ada bentuk tulang yang aneh pada bayi Anda, ini tandanya anak Anda sudah terserang penyakit ini.

Gejala lain yang tampak pada anak yang mengalami penyakit tulang lunak diantaranya tampak pada gangguan pertumbuhan, kejang otot, serta pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Selain itu, penyakit ini juga bisa mengarah pada level yang berbahaya, yaitu tengkorak lunak. Jika sudah demikian, Anda sebaiknya segera memerikasakan ke dokter dan sesegera mungkin mengambil tindakan.

Identifikasi pertama biasanya akan memanfaatkan sinar X. Ini akan membantu untuk mendeteksi keanehan bentuk pada tulang. Jika Anda menemukan tulang pada anak anda bengkok atau tidak seperti yang seharusnya, Anda diharuskan untuk melakukan tindakan lanjutan untuk mencegah sesuatu yang buruk terjadi. Pengobatan terhadap tulang lunak disebut dengan antiractic. Anak Anda akan dianjurkan untuk melakukan diet dan banyak berjemur di bawah siinar matahari. Selain itu, suplemen vitamin juga akan membantu memulihkan kondisi pasien yang menderita tulang lunak.

Comment
Saat ini belum ada data komentar.
Post Comment
*) field is required.